Bagaimana Belajar Ikhlas

Image Hosted by ImageShack.usKata ikhlas mungkin adalah salah satu kata yang sering dan jamak kita dengar. Jika teman kita kecopetan atau kecurian misalnya. Kita sering bilang,”Udah diikhlaskan saja, mungkin bukan rejekimu”. Atau saat kerabat kita yang meninggal, salah satu ucapan favorit pelayat adalah “Yang sabar ya, ikhlas-kan saja, semoga amal ibadahnya di terima di sisi-Nya”. Intinya kalau boleh saya golongkan, sikap ikhlas biasanya bersentuhan dengan 1) sesuatu yang hilang/berkurang dari kita, 2) perlakuan orang lain—khususnya yang tidak menyenangkan– kepada kita, 3) ujian atau cobaan dari Tuhan.Nah, akhir-akhir ini saya sedang belajar kembali tentang keikhlasan. Tentang bagaimana menerima dengan ikhlas semua perlakuan orang lain kepada saya, karena kadang-kadang saya berprasangkan “Jangan-jangan memang saya pantas diperlakukan seperti ini”. Juga bagaimana sabar dan ikhlas jika menerima hal-hal yang tidak saya sukai—karena di lain pihak saya ingin berteriak untuk protes tapi tidak kuasa melakukannya. Belajar sabar dan ikhlas karena selama ini sudah merasa berbuat sebaik mungkin, memberikan “servis” yang memuaskan, tapi ternyata tidak dibalas dengan tindakan serupa. Ikhlas dirugikan sepihak padahal saya manusia bukan robot. Ikhlas tak diberikan ruang berpendapat padahal saya ini punya argumentasi bla bla bla

Tapi ternyata menjadi seorang yang berhati seluas samudra itu sungguh sulit. Walopun suara protes tidak keluar dari mulut, toh tetap saja berontak di hati. Niat hati ingin terbang seringan kapas, tapi apa daya, hati saya berat dan masih saja tidak ikhlas.

Saya jadi teringat peristiwa beberapa belas tahun lalu. Saat itu saya masih duduk di bangku SMP. Mbah putri saya sakit keras, hingga berbulan-bulan. Sebagai orang yang serumah dengan mbah, saya menyaksikan betul kesengsaraan yang ia alami. Sampai akhirnya ajal menjemputnya di sebuah pagi. Anehnya, saya tidak menangis karena kehilangan orang yang setiap hari selalu memberi uang saku untuk sekolah dan sangat menyanyangi saya. Hari itu saya dilingkupi kegembiraan dan keikhlasan yang amat sangat. Saya bahagia akhirnya Tuhan mengakhiri sakitnya. Saya bahagia karena mbah saya meninggal dengan wajah berseri dibaluti doa dan didampingi semua anak-anak serta cucunya. Siangnya, saya mengantar mbah putri ke kuburan dengan doa dan lambaian hangat. Saya merasa kehilangan tapi toh saya ikhlas karena saya percaya itu yang terbaik untuknya dan saya, juga yang lain. Kendati, saya masih sering merindukannya tapi saya tak pernah mencabut keikhlasan itu dari-Nya.

Kini berbelas-belas tahun kemudian dari kejadian itu. Saya ingin menjadi senja kecil itu lagi. Sabar dalam keikhlasan……

About these ads

17 thoughts on “Bagaimana Belajar Ikhlas

  1. ikhlas itu sendiri, based on my experience, lebih gampang diucapkan daripada dilaksanakan. :) tapi, sekalinya kita bisa ikhlas, dunia ini rasanya jadi kerasa lebih mudah.

  2. duch…..
    q in9in teriak se olah2, berada di padang pasir y9 sunyi…
    in9n men9eluarkan semua rasa penat & berat y9 ada dalam hati q’ krna bila mash tetap d hati q’ q tak kan bisa tenang…
    hanya dengan istigfar-lah y9 dapat mengurangi_a…….

  3. 15 Desember 2008.

    Pacar aku. Calon imam aku meninggal. Jamal Abdul Nasir. Diusianya yang ke 27 Tahun. Setelah 40 hari lebih Alm.sakit.

    Alm. meninggal dengan keadaan sedang tidur lelap. Wajahnya penuh kebahagiaan, penuh kedamaian….

    Kata “Ikhlas”. Mudah sekali diucapkan. Tapi benar kata orang, susah sekali dilakukan.

    Aku dan beberapa teman lainnya, benar merasa kehilangan. Tapi aku IKHLAS, karena suatu saat nanti. Kami akan bertemu kembali. Di Surga, apabila Tuhan mengizinkan.

  4. aq sering bilang ke orang2 ikhlasin aja tapi di saat aq yang dapet ujian rasanya sulit bgt… aq malah kadang stress kalo terus2an ga ikhlasin apa yang udah Allah kasih ke aq… doain aq yaaa

  5. ikhlas itu seperti daun kering yang luluh dengan mudahnya setelah angin meniupnya, tanpa peduli sekalipun sudah begitu panjang waktu yang ia lewati diatas ranting.
    ikhlas itu seperti embun pagi yang bersusah payah jatuh ke bumi, namun dengan mudahnya ia mau menguap…melayang hilang.
    ikhas itu… mudah…bagimereka yang mengerti nikmatnya ikhlas. namun ikhlas itu juga amat sangat susah…bagi mereka yang hatinya diselipi iri, dengki dan benci.
    Semoga Alloh Tuhan Yang Maha Keren memberi kita hati yang tak diselipi iri, dengki dan benci, agar kita bisa berikhlas dengan mudah

  6. assmlkm,,,

    salam kenal,,,,

    sy ingin sekali mempumyai hati yg ikhlas,,si setiap do’a sy meminta ma ALLAh agar diberikan ke ikhlassan hati,, tp bener mba susah bgt buat ngejalanin nya,,,mba klw mw curhat yg lebih pribadi lg enaknya ke web mba lsg pa k mn y???soalnya sy pny mslh besar yg dah 2 taon ni sy simpan, dan sy tdk berani utk bercerita kpd org laen,,
    tlg di bls y mba.
    makasih : )

  7. ikhlas mang sulit tp bkan berarti gak bisa dilakukan ^_^

    saluut ma sikap mbak ntu, bnerna kejadiannya ampir sama dg ku

  8. ikhlas jangan cmn di ucapan (pikiran)…
    cobalah ihklas sampai lubuk hati…
    dan rasakan hasil ke-ikhlas-an itu
    Perasaan bahagia n ringan akan menghampirimu…itu pasti!!!

  9. jangan meminta apapun pada Tuhan…. apapun yang engkau terima adalah anugrah-Nya….. percayalah apa yang terjadi sudah takdirmu… namun kamu harus berusaha dan berpasrahlah pada Tuhan… seberat apapun cobaan yang kita hadapi pasti akan terlewatkan oleh waktu… dan yakinkan dirimu bahwa kamu bisa…. jangan berbuat menghalalkan sesuatu sebab apapun yang kita tanam itulah yang nantinya kita akan petik…. sebab sekejap / sesaat kedepan kamu tak tahu apa yang akan terjadi…. saya rasa itulah iklas menurut hati nurani saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s